MOTOGP

Quartararo Memenangi Balapan MotoGP Italia 2021

daftar

Fabio Quartararo tak terbendung pada Grand Prix MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, luar kota Florence, Minggu (30/5/2021). Namun, dia tidak merayakan podium tertinggi yang mengokohkan dirinya di puncak klasemen MotoGP itu.

Quartararo dan para pebalap lain berkabung di hari yang kelam itu, menyusul kepergian pebalap Moto3 Jason Dupasquier. Melansir dari live casinos online meninggalnya Dupasquier diakibatkan kecelakaan pada sesi kualifikasi kedua sehari sebelumnya.

Bahkan, setiap kali melewati Tikungan 9, Quartararo teringat pada pebalap Swiss berusia 19 tahun itu. MotoGP seri Italia diawali dengan mengheningkan cipta selama 60 detik sebagai penghormatan bagi Dupasquier.

Pebalap berusia 19 tahun itu terjatuh saat keluar dari Tikungan 9 Mugello, yang juga melibatkan Ayumu Sasaki dan Jeremy Alcoba. Dupasquier sempat menjalani perawatan panjang di lokasi kecelakaan oleh tim medis MotoGP sebelum dievakuasi menggunakan helikopter.

Namun, cedera yang dialami pebalap muda asal Swiss itu sangat parah. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) mengeluarkan pernyataan pada Minggu, bahwa Dupasquier meninggal dunia akibat cederanya.

daftar

“Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pebalap Swiss itu, rumah sakit mengumumkan Dupasquier telah meninggal karena cederanya,” tulis pernyataan FIM.

“Aneh, hari yang aneh. Jujur, banyak sekali emosi sebelum balapan, mengheningkan cipta satu menit sengat sulit, dan setiap kali melewati Tikungan 9 saya selalu memikirkan Jason. Ini untuk dia,” ujar Quartararo sesuai finis terdepan di seri Italia.

“Ini akhir pekan yang bagus bagi saya, dan saya juga mendedikasikan ini untuk ibu saya yang ada di Perancis. Tetapi ini bukan perasaan yang bagus, kami menang tetapi kehilangan seorang teman, itu tidak mudah,” pungkas pebalap Monster Energy Yamaha itu.

Quartararo yang start terdepan mengawali balapan dengan penuh tekanan. Dia kalah cepat dari pebalap Ducati Francesco Bagnaia yang start di posisi kedua dan langsung memimpin balapan.

Namun, Quartararo mampu mengendalikan tekanan psikologis itu, dan terus mengikuti Bagnaia, hingga pebalap Ducati itu melakukan kesalahan di awal lap kedua. Bagnaia terjatuh di Tikungan 9 dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Sejak momen itu, Quartararo melesat dan meraih kemenangan ketiga musim ini. Pebalap asal Perancis itu kini memimpin klasemen pebalap dengan 105 poin, unggul 24 poin atas pebalap tim satelit Ducati, Pramac Racing, Johann Zarco. Bagnaia turun satu tingkat ke posisi ketiga dengan selisih 26 poin dari Quartararo.

MOTOGP

Namun, bagi Quartararo dan peraih posisi kedua dan ketiga, Miguel Oliveira (KTM Red Bull) serta Joan Mir (Suzuki Ecstar), hari itu bukanlah saat yang tepat untuk bergembira. Mereka semua mendedikasikan pencapaian mereka untuk Dupasquier.

“Podium ini untuk Jason dan keluarganya,” ujar Mir yang finis di posisi ketiga.

Pebalap asal Portugal itu bersabar di posisi ketiga membuntuti pebalap Pramac Racing Johann Zarco. Dia baru mulai menekan dalam 10 putaran terakhir, dan mendahului Zarco saat balapan menyisakan delapan putaran. Zarco yang sudah kehabisan ban tak mampu membendung Mir. Sayang, rekan setim Mir yakni Alex Rins gagal finis, karena terjatuh di tikungan 15 saat putaran menyisakan lima lap. Posisi keempat pun ditempati oleh Zarco.

Balapan ini juga berakhir tidak mengecewakan bagi pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang terjatuh di Tikungan 3 saat balapan memasuki putaran kedua. Dia terlalu agresif sehingga kehilangan daya cengkeram ban dan terjatuh. Insiden itu membuat pebalap Petronas SRT Yamaha Franco Morbidelli kehilangan banyak posisi, karena keluar lintasan menghindari motor Marquez yang meluncur ke area kerikil. Morbidelli mengakhiri balapan di posisi ke-16. Pebalap LCR Honda Takaaki Nakagami juga terjatuh pada Tikungan 14 saat balapan kurang lima putaran.